RSS

Cara memilih tepung terigu yang baik untuk pembuatan kue brownies kukus

24 Jun

Kue brownies kukus adalah sejenis kue yang banyak sekali digemari oleh berbagai golongan baik dari anak- anak hingga lansia, karena mengandung aneka macam gizi di dalamnya. Selain itu rasanya enak dan lembut di lidah. Sehingga bagi anda yang ingin membuat kue bronies kukus dengan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita perlu memperhatikan bahan baku agar sesuai dengan kebutuhan gizi yang kita butuhkan. Tepung terigu merupakan bahan baku utama pembuatan kue brownies kukus.

Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan pastry dan kue. Tepung terigu berasal dari butiran gandum yang berfungsi untuk mengenyalkan dan mengembangkan adonan pastry atau kue. Tepung terigu yang digunakan tidak hanya dilihat dari kuantitas atau kadar protein yang terkandung di dalamnya saja, namun juga di tentukan dari kualitas proteinnya, karena kualitas protein itu berhubungan dengan kualitas gluten yang terdapat pada tepung terigu. Ada 3 jenis klasifikasi tepung terigu yakni:

  1. Tepung terigu berkadar protein tinggi (bread flour) adalah tepung terigu yang memiliki kadar protein antara 11% – 13%, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat roti, pasta, mie dan donat.
  2. Tepung terigu berkadar protein sedang (all purpose flour) adalah tepung terigu yang memiliki kadar protein antara 8% – 10%, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan kue cake termasuk kue brownies kukus.
  3. Tepung terigu berkadar protein rendah (pastry flour) adalah tepung terigu yang memilki kadar protein antara 6% – 8%, yang biasanya digunakan untuk membuat kue yang renyah, seperti kulit gorengan, keripik ataupun biskuit.

Kenalilah macam- macam jenis tepung terigu yang akan digunakan agar hasil yang anda buat sesuai dengan apa yang anda inginkan. Inilah cara memilih tepung terigu yang baik yakni:

  1. Lihatlah warna tepung terigu, warna tepung terigu yang baik berwarna putih tulang dan buram.
  2. Perhatikan apakah ada kotoran di dalamnya baik kotoran dari tepung terigu sendiri maupun benda asing seperti semut, rambut, atau kutu. Apabila ada, maka anda bisa mengayak tepung terigu sebelum digunakan.
  3. Cium baunnya apakah baunya apek atau tidak.
  4. Simpanlah tepung terigu yang sudah digunakan ke dalam kulkas agar tepung terigu tahan lama dan tidak berbau apek.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Juni 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: