RSS

Kue Brownies Kukus Manis: Sejarah dan Asal Mulanya

06 Jun

Ada banyak sekali versi tentang asal mula munculnya kue brownies. Berbagai macam versi mengatakan bahwa brownies berasal dari negara Amerika Serikat. Resep kue Brownies diciptakan pada tahun 1897 di dalam Katalog Sears Roebuck, namun resep ini bukan untuk membuat brownies melainkan untuk membuat Molasse Candy (sejenis permen). Brownies diambil dari nama seorang tokoh mitos peri di dalam buku cerita anak- anak karangan Palmer Cox yang berjudul ” The Brownies: Their Book”. Brownies sangat digemari oleh berbagai macam golongan dari golongan muda hingga golongan tua.

Sejarah awal mulanya tercipta suatu resep kue brownies berasal dari seorang koki yang sedang membuat kue coklat, namun koki tersebut lupa menambahkan Baking Powder pada adonan kue coklat tersebut, sehingga hasil dari kue tersebut menjadi bantat/ tidak mengembang dengan sempurna, Warna yang dihasilkan menjadi coklat tua kehitaman, basah dan tidak lembut, sehingga kue yang dibuat oleh koki tersebut dinamakan Brownies.

Versi lain mengatakan bahwa awal mula adanya brownies ini berasal dari seorang pemuda yang sedang mengalami krisis keuangan. Pemuda ini memiliki teman yang setiap pagi hari menjual aneka macam kue buatannya tersebut. Pada pagi hari, pemuda itu ingin membuat sebuah kue yang tertera di dalam resep yang ia miliki. Pemuda itu sudah membeli semua bahan yang telah tercantum didalam resep tersebut dan mengikuti bagaimana cara membuat kue tersebut, namun hasilnya sangat berbeda sekali dengan yang telah tercantum di dalam resep tersebut. Pemuda tersebut sangat kecewa dan uang yang dimilikinya sudah habis untuk modal membuat kue lainnya. Seperti biasannya, pagi- pagi sekali teman pemuda itu datang untuk mengambil kue yang sudah dibuat oleh pemuda itu untuk di jual dan tanpa sepengetahuan pemuda itu, kue bantat yang hasilnya mengecewakan itu di jual oleh temannya. Ternyata para pembeli lebih menyukai kue bantat tersebut dan banyak sekali pelanggan yang memesannya. Sehingga, selamatlah pemuda itu dari krisis keuangan dan kebangkrutannya.

Brownies kukus mulai terkenal sejak tahun 1902 di berbagai macam kalangan. Karena pada saat itu coklat sudah bukan menjadi makanan yang elit lagi dan hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan atas saja. Kue brownies saat ini sudah dimodifikasi lagi dengan berbagai macam rasa seperti strawberry, keju, kopi, tape, kacang dan lain- lain. Bentuk serta bahan yang digunakan dalam membuat brownies kukus sudah di modifikasi sedemikian rupa sebagai wujud untuk memajukan rencana pemerintah dalam mengolah hasil bumi sebagi pengganti nasi. Cara pengolahannya pun bukan hanya di panggang dan di bakar saja melainkan ada brownies kukus yang lebih banyak diminati oleh berbagai macam golongan pecinta kue basah tersebut. Anda berminat untuk membuat kue brownies kukus ini sebagai santapan dan selingan hangat bersama keluarga. Silahkan mencoba dan tuangkanlah kreasi yang anda miliki ke dalam kue brownies ini,

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: